Langsung ke konten utama

Ikan Wader Bintik Dua (Barbodes Binotatus) Yang Menarik dan Cukup Konsumtif

Wader bintik-dua yang cukup kecil dan hidup di perairan-perairan tawar dengan nama-nama daerahnya seperti, beunteur (Sd.), wader cakul atau wader pada umumnya (Jw.), puyan (Bjr.), dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris ikan tersebut dikenal sebagai spotted barb atau common barb, ikan wader bintik-dua semula dideskripsi oleh Achille Valenciennes pada 1842 dengan nama Barbus binotatus (Barbus, sungut, merujuk pada sungut-sungut pendek di ujung moncongnya; binotatus, bernoktah dua). Penempatannya dalam genus sering kali berubah-ubah, sehingga dalam literatur ikan wader cakul kadang disebut dengan nama-nama lain seperti Systomus binotatus, Capoeta binotata, dan Puntius binotatus.

Wader bintik-dua memijah di perairan terbuka pada saat menjelang gelap. Setiap kali bertelur, ikan ini menyebarkan antara 200–500 butir telur di antara tumbuh-tumbuhan air. Telur-telur ini akan menetas sekitar 48 jam kemudian, dan selama beberapa hari berikutnya burayak (anak ikan) akan berlindung di sela-sela daun tanaman air. Ikan wader dewasa tidak akan segan-segan untuk memangsa telur ataupun burayak dari jenisnya sendiri. Wader bintik-dua merupakan ikan konsumsi yang disukai karena masih cukup mudah ditemukan diperairan-perairan pedesaan dan areal persawahan, namun hanya bernilai secara lokal. Namun di luar negeri ikan ini mempunyai nilai komersial yang cukup penting sebagai ikan hias bagi akuarium.

Postingan populer dari blog ini

43 Ucapan Do'a Harapan Yang Bijaksana & Bermakna Untuk Penyemangat

Berdoa menjadi satu cerminan sifat bijak. Pasalnya, saat berdoa seseorang telah merendahkan hatinya. Dia menyadari bahwa tiada kekuatan yang mampu menyelamatkan selain Tuhan. Berikut kata-kata doa dan harapan yang disalin dan dikumpulkan dari berbagai sumber ahli menjadi 43 ucapan kata doa dan harapan yang mengandung makna serta pesan bijaksana. 1. "Sebuah usaha maupun harapan akan selalu ada pada seseorang yang senantiasa berdoa dan berjuang tanpa menyerah." 2. "Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa." - Ridwan Kamil 3. "Jika kita berdoa, lantas yang terwujud 50% saja, bukan berarti doa kita terkabul separuh, boleh jadi, Tuhan sedang menguji rasa cukup kita. Apakah kita merasa cukup dengan yang ada." - Tere Liye 4. "Jangan berkecil hati jika jawaban doa kamu tidak datang segera. Pelajarilah, renungkan, dan tetap berdoa, memiliki iman yang tulus, dan menjalankan perintah-peri

Cerita Rakyat Sejarah Wonosobo

Sejarah singkat Wonosobo menurut cerita rakyat, pada sekitar abad XVII tersebutlah tiga orang pengelana yang masing-masing bernama Kyai Kolodete, Kyai Karim dan Kyai Walik, mulai merintis suatu pemukiman di Wonosobo. Selanjutnya Kyai Kolodete berada di dataran tinggi Dieng, Kyai Karim berada di daerah Kalibeber dan Kyai Walik berada di sekitar Kota Wonosobo sekarang ini. Sejak saat itu daerah di daerah ini mulai berkembang, tiga orang tokoh tersebut dianggap sebagai "cikal bakal" dari masyarakat Wonosobo yang dikenal sekarang ini.

Menariknya Peninggalan Candi Candi di Dieng

Candi Dieng merupakan kumpulan beberapa Candi yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Dataran tinggi Dieng ini berada di sebelah barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Candi Dieng juga merupakan kompleks peninggalan candi-candi Hindu Kuno yang dibangun pada sekitar abad ke-7 dan diperkirakan sebagai candi tertua di Pulau Jawa, yang antara lain yaitu Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Gatotkaca, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Dwarawati.  

89 Kata Doa dan Harapan Yang Bijaksana dan Penuh Makna

Berdoa menjadi satu cerminan sifat bijak. Pasalnya, saat berdoa seseorang telah merendahkan hatinya. Dia menyadari bahwa tiada kekuatan yang mampu menyelamatkan selain Tuhan. Berikut kata-kata doa dan harapan yang disalin dan dikumpulkan dari berbagai sumber ahli menjadi 89 kata doa dan harapan yang mengandung makna serta pesan bijaksana. 1. "Sebuah usaha maupun harapan akan selalu ada pada seseorang yang senantiasa berdoa dan berjuang tanpa menyerah." 2. "Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa." - Ridwan Kamil 3. "Jika kita berdoa, lantas yang terwujud 50% saja, bukan berarti doa kita terkabul separuh, boleh jadi, Tuhan sedang menguji rasa cukup kita. Apakah kita merasa cukup dengan yang ada." - Tere Liye 4. "Jangan berkecil hati jika jawaban doa kamu tidak datang segera. Pelajarilah, renungkan, dan tetap berdoa, memiliki iman yang tulus, dan menjalankan perintah-perintah-Nya.

Cerita Rakyat Asal Mula Sungai Serayu

Panorama Tepi Sungai Serayu Sekitar 20 kilometer di sebelah utara kota Wonosobo, yaitu di sebuah daerah dataran tinggi Dieng terdapatlah sumber mata air, mata air tersebut bernama Tuk Bima Lukar . Menurut cerita atau legenda masyarakat sekitar, Tuk Bima Lukar mempunyai daya tarik tersendiri. Yaitu dipercaya bisa membuat orang awet muda dengan membasuh muka atau mandi dengan air di tuk tersebut. Sedangkan asal mula cerita Tuk tersebut berawal pada suatu ketika sang pandawa sedang pergi ke Dieng untuk membangun Candi sebagai tempat pemujaan, di tengah perjalanan salah satu orang Pandawa yaitu Bima merasa ingin buang air kecil (ken***g), lalu dia berhenti untuk buang air kecil.

Udang Sungai (Macrobrachium Lanchesteri), udang sungai yang hidup di aliran lambat berputar dan agak tenang

Udang sungai, rawa dan danau atau udang perairan tawar (Macrobrachium Lanchesteri). Udang merupakan salah satu hewan yang hidup di perairan, ada sebagian perairan asin ada sebagian di perairan tawar. Udang berkemampuan beradaptasi yang baik, sehingga membuat udang ini berkembang biak dan menyebar dengan pesat baik pada seluruh jenis badan air tawar, perairan yang dangkal, berarus lambat dan tenang seperti danau, waduk, kolam sawah dan aliran air buatan lainnya yang ditumbuhi tumbuhan air. Udang juga merupakan bagian dari suatu ekosistem yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem, lingkungan, kerugian ekonomi dan atau berdampak negatif terhadap keanekaragaman hayati dan kesehatan manusia. Invasi dari spesies eksotik merupakan salah satu dari ancaman biologis terbesar bagi lingkungan, keanekaragaman hayati dan spesies lokal di suatu ekosistem.

Candi-candi di Dieng Sebuah Peninggalan Nenek Moyang Yang Melegenda Hingga Kini

Candi Dieng merupakan kumpulan beberapa Candi yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Dataran tinggi Dieng ini berada di sebelah barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Candi Dieng juga merupakan kompleks peninggalan candi-candi Hindu Kuno yang dibangun pada sekitar abad ke-7 dan diperkirakan sebagai candi tertua di Pulau Jawa, yang antara lain yaitu Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Gatotkaca, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Dwarawati dan Candi Setyaki .

Tempe Kemul Seng Khas Nang Wonosobo

Tempe Kemul yaiku jajanan utawa jajanan goreng sing digawe kanthi coro digoreng (tempe kemul digawe soko tempe sing ditutupi kemul utowo kemul karo campuran glepung lan rempah-rempah banjur digoreng). Ono sawetoro salah sijine tempe kemul khas ing Indonesia, lan saben duwe ciri dhewe-dhewe ing saben wilayah. Baca juga,  Sego Bucu Khas Wonosobo ,  Gendhar atau Legendhar Wonosoboan Ing sawetoro dhaerah liane, tempe kemul biasane diarani Mendoan, lan siji tempe kemul sing nduweni ciri sing rodo bedo yoiku Tempe Kemul Wonosobo. Umume Tempe Kemul Wonosobo nduweni ciri warnane kuning lan ukurane kurang luwih seukuran telapak tangan. Ing tlatah Wonosobo, Tempe Kemul okehe didol ing pedagang kaki lima, kayata warung gorengan, warung bakso, warung mie ayam, mie ongklok, lan liya-liyane. Jajanan iki cukup terkenal karo sawetoro wong ing Wonosobo, kalebu turis, monco lan domestik. Tempe kemul minongko jajanan sing terkenal ing kalangan masyarakat Indonesia nganti saiki. Kajaba iku, Tempe Kemul lu

Kayu Keras dan Kayu Lunak Yang Mempunyai Fungsi Masing-Masing

Kayu merupakan hasil dari tumbuhan hidup dengan serat yang tidak homogen, sehingga sifat fisiknya tidak akan sama secara radial (dari bagian empulur ke luar) dan longitudinal (memanjang kayu, dari bawah ke atas.   Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Baca Lainnya,  kayu bekas kayu apung sebagai tempat tanaman Kayu keras merupakan kayu yang dihasilkan oleh pohon yang memiliki biji di dalam buah atau bisa disebut dengan tanaman berbiji tertutup (angiospermae). Ciri-ciri lain yang dimiliki yaitu mempunyai daun yang lebar dan banyak pori-pori. Keunggulan atau kelebihan kayu mudah dibentuk. Ada pula kayu yang sangat awet hingga bertahan sampai puluhan atau ratusan tahun, seperti kayu jati. Kelemahan atau kekurangan kayu mudah terbakar. Ada pula jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lain sehingga cepat lapuk. Kaitan yang erat antara sifat-sifat kayu dengan sifat jenis pohon yang menghasilkannya. Ker